Kirim TKI Jangan Asal-asalan

Brebes Kwali Online | 09.22 | 0 komentar


berita tkw brebesBrebes (BKO)=>> Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Brebes diperintah Bupati Brebes agar tidak asal-asal dalam saoal pengiriman TKI dan TKW keluar negeri.

Karena moritas TKI asal Brebes berpendidikan rendah dan rawan terkena masalah hukum. TKI yang dikirim adalah tenaga yang tidak berkualitas.

Menurut Bupati, nasib tragis para TKW asal Brebes antara lain akibat rendahnya kualitas TKW seperti pengetahuan budaya, bahasa, ketrampilan dan lainnya. Meski diakui devisa yang dikirim ke Brebes cukup banyak untuk pembangunan Brebes. “Kita harus selektif mengirim TKW,” katanya.

Diakui oleh Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disduknakertrans Kab Brebes Wiryawa Hadi SH, TKW asal Brebes mayoritas berpendidikan rendah dan mayoritas bekerrja di sektor informal seperti  Pembantu rumah tangga.

Sampai akhir tahun 2012 telah memberangkatkan TKI sebanyak 1945 dan yang berpendidikan Sarjana hanya satu orang. Terbanyak berpendidikan SD sebanyak 1.027 orang, SMP (777) orang, dan SMA 140 orang. “Yang bekerja di sektor informal sebanyak 1697 sedangkan di sektor formal hanya 248 orang saja,” urai Wiryawa. (bko_hms)


Category: , ,

Catatan BKO::
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat mewakili www.brebeskwalionline.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Untuk mengirim artikel atau tulisan via email kwalionline@gmail.com